Pengikut

Teks berjalan

SELAMAT DATANG di Dunia Niaga Blog's... Mohon tinggalkan kritik dan saran guna terbangun blog ini lebih baik lagi... TERIMA KASIH

Jumat, 06 November 2020

Pemasaran Online

 Secara sederhana pemasaran online atau sering disebut sebagai pemasaran digital diartikan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan internet. Kegiatan pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, website, email, bahkan augmented reality.

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
1. Pemasaran Online Menurut Boone dan Kurtz (2005)
Menurut Boone dan Kurtz (2005) pemasaran online merupakan komponen dalam e-commerce. Dimana e-commerce adalah sistem jual beli online. Pemasaran online sebagai komponen dalam e-commerce yakni sebagai strategi produksi, distribusi, penetapan harga, dan promosi melalui media digital. Dapat diartikan bahwa segala macam proses pemasaran dari sebuah produk atau jasa hingga ke tangan pembeli semua menggunakan media digital.
2. Pendapat Tentang Pemasaran Online dari Amstrong dan Kottler (2004:74)
Amstrong dan Kottler memiliki pendapat yang hampir sama dengan Boone dan Kurtz mengenai pemasaran online. Mereka menyatakan bahwa pemasaran online merupakan bagian dari e-commerce. Dari pendapat tersebut Amstrong dan Kottler (2004:74) juga menambahkan bahwa pemasaran online merupakan sebuah bentuk kinerja perusahaan. Dimana kinerja perusahaan tersebut berupa promosi, penjualan barang atau jasa, serta mengkomunikasikannya melalui internet.
3. Pengertian Pemasaran Online Oleh Chaffey (2000)
Chaffey (2000) berpendapat bahwa pemasaran online adalah pendukung sebuah konsep pemasaran modern. Konsep tersebut berupa segala macam bentuk promosi dan penjualan produk atau jasa melalui internet. Pemanfaatan internet menjadi andalan dalam melakukan pemasaran online melalui media sosial, jasa pengiklanan, toko online, dan masih banyak lagi. Jadi pada intinya pemasaran online adalah usaha yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau jasa dengan menggunakan internet.
4.  Pendapat Philip dan Duncan Tentang Pengertian Pemasaran Online
Pengertian pemasaran online menurut para ahli yang terakhir adalah oleh Philip dan Duncan. Mereka berpendapat bahwa pemasaran online adalah langkah-langkah atau usaha yang dilakukan untuk mengatur barang yang akan dilakukan proses jual beli. Langkah tersebut tentu saja dengan upaya penggunaan media internet sebagai media promosi produk atau jasa hingga ke tangan konsumen.
Jenis-Jenis Saluran Pemasaran Online
Berikut beberapa jenis saluran yang dapat digunakan dalam melakukan pemasaran online.
1. Media Sosial
Menjangkau konsumen melalui iklan berbayar atau posting-an organik dengan memanfaatkan media-media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.
2. Search Engine Optimization (SEO) 
Mengoptimasi website dengan berbagai konten untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian mesin pencari.
3. Email Pemasaran 
Pesan komersil seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya secara personal dengan menggunakan media email.
4. Search Engine Marketing  (SEM)
Bentuk lain dari pemasaran online berbayar. Anda melakukan pembayaran kepada mesin pencari untuk mendapatkan visibilitas website di mesin pencari tersebut.
5. Pemasaran Afiliasi 
Pemasaran menggunakan afiliasi atau mitra penjualan yang diminta untuk menempatkan iklan bisnis Anda di website atau media sosial mereka.
6. Influencer Marketing 
Melakukan pemasaran melalui ahli industri atau sosok yang dipercaya oleh konsumen ketika melakukan promosi, iklan atau ulasan terhadap produk.
Kelebihan Pemasaran Online
  • Aksesnya luas 
  • Biaya yang dikeluarkan lebih murah
  • Mendapat feedback instan
  • Menghemat waktu
  • Waktu buka 24 jam / tanpa batas 
Kekurangan Pemasaran Online
  • Biaya awal cukup tinggi
  • Rentan kegiatan penipuan
  • Rentan kesalahan teknis
  • Tidak semua orang mengakses internet
  • Masih banyak pelanggan yang lebih suka offline store

Tidak ada komentar:

Posting Komentar